Efek riba bagi individu




    Selain di larang keras dalam islam karena termasuk dosa besar. Praktek riba ternyata juga berefek sangat luas. Baik itu secara pribadi,juga merusak tatanan moral masyarakat. Bagi para pelaku riba sendiri akan mengalami kemerosotan moral yang luar biasa.tapi anehnya para pelaku riba ini kebanyakan tidak menyadarinya karena kejernihan berpikirnya akan standar hukum allah akan hilang. Kalau dalam kondisi normal yang bukan pelaku riba tidak sulit menerima kebenaran karena kejernihan jiwa nya sangat tajam.
Tetapi bagi para pelaku Riba sangatlah sulit merasakan sinyal peringatan dari allah atau mungkin terputus untuk menerima keberkahan dari setiap aktifitasnya.
Menurut penelitian ada beberapa efek dari malakukan Riba secara individu...

1.Sering berbohong

Para pelaku Riba jarang yang berkata jujur karena sudah terbiasa memanipulasi kondisinya sendiri.Biasanya mereka selalu melontarkan alasan-alasan yang sebenarnya salah kaprah dan bertentangan dengan hati nurani nya sendiri demi pembelaan dirinya sendiri sebagai pelaku riba.Sebenarnya mereka itu tahu bahwa tindakanya itu salah tetapi karena menuruti hawa nafsu dan gengsi yang over maka mereka milih berbohong dari pada jujur.."toh yang kaya saya juga banyak jadi saya gak sendiri"

2.Kepekaan sosial menurun

Secara umum perilaku Riba adalah mendapatkan keuntungan dari transaksi utang-piutang.Nah dalam hal ini mereka hanya memusatkan pikiran untuk meraup keuntungan yang sebesar2nya jadi tidak peduli dengan kondisi kliennya.. karena dalam pikirannya bagaimana mendapatkan korban berikutnya.. 


"kelihatannya menolong tetapi ujungnya menguras harta benda sang pengutang"