PROGRAM TANAMAN SERAI HEBOHKAN WARGA LEMAH IRENG


Serai (Cymbopogon nardus)merupakan jenis tanaman yang sekilas mirip dengan alang-alang.daun serai beberbentuk pipih panjang dan lurus mempunyai lebar sekitar 15 mm.Secara kimia serai banyak mengandung minyak asiri, seperti geraniol, citronnelal, eugenol-metil eter, sitral, dipenten, eugenol, kadinen, kadinol dan lemonen.


Latar belakang di adakan program SERENISASI di DESA LEMAH IRENG KEC.BAWEN KAB.SEMARANG.

        Berangkat dari problem ekonomi warga setempat di Desa lemahireng Kec.Bawen yang mayoritas menengah kebawah di tambah lagi sering menjadi sasaran sumber penggalangan dana di setiap kegiatan kemasyarakatan.Kalau situasi seperti ini terus menerus terjadi maka akan semakin memberatkan warga setempat.Padahal pihak pemerintahan desa tidak pernah memberikan dana untuk kegiatan kemasyarakatan.Jadi mau tidak mau untuk sumber dana anggaran di setiap kegiatan kemasyarakatan adalah dengan melibatkan urunan warga secara umum.

EFEK HORIZONTALNYA DI MASYARAKAT

1.Semakin memberatkan perekonomian warga setempat karena untuk kehidupan sehari-hari saja serba kekurangan.
2.Memunculkan industri proposal bantuan ke pemerintahan dalam hal ini justru memberikan peluang kepada pejuang-pejuang proposal di Desa Lemah ireng yang pada faktanya selalu memanfaatkan kebodohan warga demi kepentingan pribadi atau golongan.Yang menjadi korban adalah masyarakat bawah.Sudah menjadi rahasia umum setiap ada bantuan dana dari pemerintah atau partai pasti di potong dulu oleh para pejuang proposal sehingga dana bantuan tersebut tidak utuh di terima warga. 

Maka sejumlah tokoh masyarakat prihatin karena melihat kondisi seperti ini,hasilnya ide penggalian potensi yang ada di Desa lemah ireng ternyata muncul dari mereka.Dan terbukti ide yang di cetuskan oleh Ketua RW III ini telah terealisasi program warga tersebut. Menurut Bp.Kusman sutiyono sang pencetus ide ini adalah Karena mayoritas petani dan lokasinya adalah lahan subur maka penanaman tanaman serai terlaksana.
Alasan kenapa tanaman Serai... Karena tanaman serai termasuk tanaman yang mudah hidup dan salah satu tanaman herbal yang banyak khasiatnya terutama dalam aspek kesehatan.

Target jangka pendek...
Kemandirian warga setempat dalam hal ini adalah masyarakat RW III Desa Lemahireng Kec.Bawen Kab.Semarang.
Target jangka panjang...
Membuktikan bahwa prestasi TOGA dari PKK yang sudah masuk skala nasional bukan hanya formalitas saja,Buktinya adalah dengan PROGRAM SERENISASI DI DESA LEMAH IRENG.

Pelaku PROGRAM ini....
Kelompok Tani "MARGO MULYO" di RW III lemahireng Pimpinan Bp.Kustam dengan beranggotakan 30 personil. Dan Penanggung jawab dalam program ini adalah Ketua RW III di bantu oleh Bp.Kaswan gunarso yang sekaligus sebagai Kadus krajan di Desa Lemahireng sendiri.
Status pengelola program ini....
Untuk status sangat independent dan tidak ada keterkaitan dengan pihak manapun.Ini adalah murni milik warga RW III baik dari status organisasi dan program-program pelaksanaannya.

Lokasi penanaman serai ini...
Untuk lokasi penanaman di sepanjang jalan yang ada di RW III .Dan ini adalah pemanfaatan lahan kosong karena selama ini di setiap jalan di RW III hanya tumbuh rumput liar. Sebenarnya ada tanah bengkok(tanah milik pemerintah desa) tetapi dari pemerintahan desa tidak memberi kesempatan untuk program ini.Jadi mau tidak mau harus menguras pikiran untuk mencari tempat penanaman tanaman serai tersebut.

Modal awal PROGRAM INI...

Bibit serai kurang lebih 11 kwintal dengan harga per kilo nya Rp.2000,00.Sampai saat ini bibit sebanyak itu sudah tertanam di sepanjang jalan yang ada di RW III.Dan dari proses awal sampai saat ini telah menghabiskan dana 4,5Jt yang sumber dananya dari warga kelompok tani "MARGO UTOMO".Untuk respon di masyarakat sangat baik dan mendukung program serenisasi ini.