Belajar dari Sosok Ketua RW III di Lemah ireng Bawen


   Sosok pria setengah baya ini patut di apresiasi secara obyektif karena keberaniannya dan ketegasan nya. Pria yang akrab di panggil Mbah RW ini telah menggoncangkan LEMAH IRENG BAWEN sehingga menjadi Headline berbagai surat kabar dan media cetak di skala lokal maupun skala nasional.Tentu saja kita masih ingat fenomena proyek jalan toll semarang - solo di Desa Lemahireng Kec,Bawen Kab.Semarang pada akhir tahun 2012 kemarin.

  Para oknum yang memanfaatkan adanya keuntungan dari adanya proyek jalan toll ini di buat jantungnya berdetak lebih cepat dari biasanya., Bagaimana tidak ...!!! Proyek jalan toll yang seharusnya selesai sesuai rencana pemerintah menjadi molor dan terhambat gara-gara warga terkena proyek protes dengan harga yang di tentukan pemerintah.Para WTP tidak terima dengan ganti rugi RP.65.000.00 permeter untuk zona terendah.Terlepas dari benar tidaknya fenomena harga tadi yang menurut kabar ada sesuatu di balik penentuan harga tersebut,maka wajarlah apabila ada asap pasti juga ada apinya...

   Namun di sini kita tidak akan membahas tema JALAN TOLL yang masih penuh teka-teki ini,tetapi kita akan melihat dari sudut pandang sikap seorang Ketua RW di Lemah ireng Bawen kab.semarang yang bersama warganya tatkala warganya dalam masalah.Di saat yang lain lari tunggang langgang karena membela wong cilik tidak dapat apa-apa..

    Kusman sutiyono adalah nama yang sering mencuat di publik akhir-akhir ini terutama di RW III LEMAH IRENG,Beliau di pilih oleh warga sebagai KETUA RW karena memang karakternya pemberani dan tegas.
Pria sederhana ini memiliki satu istri dan 2 anak ,sebenarnya beliau ini adalah seorang intelektual secara formal ,jadi pantas lah apabila sepak terjangnya menjadi perhitungan lebih bagi oknum yang memanfaatkan kebodohan warga lemahireng itu sendiri.


   Dari segi penampilan sangatlah sederhana seperti warga lainnya ,bahkan rumahnya pun biasa-biasa saja seperti warga yang lain tetapi kiprah nya yang berani terjun membaur dengan warganya sangatlah di banggakan dan patut menjadi contoh..Dan posisi seperti ini jarang terjadi.Kebanyakan para pemegang kunci di masyarakat hanya berada dalam zona aman saja ketika warganya mengalami masalah.Namun inilah yang membedakan beliau dengan yang lain.

Beliau juga salah satu tokoh masyarakat yang aktif dan selalu terlibat dalam kegiatan umum yang ada di masyarakat. Baik itu BKM (Badan kesejahteraan masjid) LANSIA,KELOMPOK TANI dll dan tentu saja kegiatan pemuda ,beliau selalu meluangkan waktu untuk terlibat langsung.bukan duduk manis menuggu kabar doank...

  Peci hitam dan sarung melingkar di badannya adalah ciri khas beliau. Dari segi gaya bicara beliau tidak pernah basa-basi tetapi langsung pada point sehingga ketika menjelaskan apapun kepada masyarakat sangat mudah di pahami.Jauh dari kesan retorika pencitraan yang biasa di lakukan para pejabat publik untuk menjaga kasta keningrattannya...
   Agak ceplas-ceplos tetapi  tepat sasaran tatkala menyampaikan sesuatu.Ya memang seperti itulah gaya bicara beliau yang selalu lugas ,tegas,dan sering melontarkan ide-ide gebrakkan dan kontroversi di tengah masyarakat demi kebaikan masyarakat tentunya.

    Tatkala beliau terpilih menjadi ketua RW banyak yang kaget karena selama ini beliau di kabarkan miring oleh orang-orang yang berkepentingan di masyarakat tempat tinggalnya.mungkin saja banyak yang tersinggung karena adanya beliau.atau mugkin ada faktor kepentingan yang lain Namun ternyata teka - teki selama ini yang muncul di permukaan tentang beliau mulai terjawab.

  Dan ini lah rahasia alam ,sehebat-hebatnya membenamkan kebenaran ke jurang yang paling dalam sekalipun tidak akan bertahan lama .cepat atau lambat kebenaran akan muncul ke permukaan dan biasanya tepat pada waktunya..

       Benar dan seperti kebetulan terjadi, karena selama ini sebagian warga mencela dan menghujat beliau tentang berbagai staitmentnya di masyarakat.Namun beliau bersikukuh dengan pendapat nya meskipun bertentangan dengan masyarakat lain. karena ukuran kebenaraan bukan dari bnyaknya orang yang setuju tetapi dai dasar yang jelas dan sesuai hukum pasti.

Nilai plus beliau adalah tentang pendiriannya tatkala memiliki prinsip,walaupun resiko nya di musuhi masyarakat, namun tidak mengubah prinsipnya .justru semakin memantabkan langkahnya dalam menapaki arah kehidupannya.

Beliau tidak terpengaruh sedikitpun tentang opini yang berkembang di masyarakat yang menyudutkan dirinya.Karena jaman sekarang kalau tidak di musuhi mayoritas masyarakat berarti perlu di pertanyyakan pengabdiannya...Namun akhirnya sekarang terkuak semua dan banyak yang merasa malu karena opini tersebut ternyata tidak sesuai fakta kebenaran.

       Justru beliau lah yang serius memikirkan masyarakat di saat yang lain hanya ongkang-ongkang terlena dengan urusan pribadinya dalam tanda kutib,beliau rela berkorban waktu,biaya,dan tenaga demi kebaikan warganya. Padahal beliau juga sebagai seorang kepala rumah tangga yang  harus mencukupi nafkah keluarganya. Dan dari segi ekonomi pria yang sering menjadi rujukan para pemuda ini bukanlah orang yang mampu.Tetapi beliau mampu membagi waktu dan ternyata bisa terlaksana semua. Tanggung jawab sebagai tokoh di laksanakan tetapi tanggung jawab sebagai kepala rumah tangga juga tidak keteteran.. 


         Semoga saja beliau selalu berada di jalur yang benar dan selalu ikhlas mengabdikan diri di masyarakat.Dan tentu saja semoga kiprahnya selama ini mampu menggugah tokoh-tokoh yang lain untuk secepatnya beranjak dari tempat tidurnya untuk terjun langsung berada di tengah-tengah masyarakat dan bersama-sama membangun desa lemah ireng menjadi lebih baik.Tentu saja bukan hanya membangun fisiknya tetapi membangun mentalitas moralnya sehingga meminimalisir kecacatan sosial warganya..

   Beliau juga selalu menekankan kepada generasi muda untuk BERANI MENYUARAKAN KEBENARAN di manapun berada dan kepada siapapun tanpa terkecuali meskipun resikonya besar. Karena kebenaran harus di perjuangkan supaya ketidak adilan dan kobohongan publik tidak terus menerus membodohi masyarakat.Dan tentu saja tidak melanggar hukum syariat islam..