Bukti Kepanikan Serius di Kalangan Materialis


WWLaporan tentang Penciptaan dan Evolusi oleh Panitia Kebudayaan, Ilmu
Pengetahuan dan Pendidikan, Sidang Parlemen Dewan Eropa adalah Bukti
Kepanikan Serius di Kalangan Materialis


Laporan tentang Penciptaan dan Evolusi oleh Panitia Kebudayaan, Ilmu
Pengetahuan dan Pendidikan, Sidang Parlemen Dewan Eropa adalah Bukti
Kepanikan Serius di Kalangan Materialis

Kedatangan karya besar Harun Yahya ?/Atlas Penciptaan/? di Eropa telah
memunculkan kepanikan besar di kalangan kaum materialis dan Darwinis di
seantero benua itu. Mereka berkata bahwa /Atlas Penciptaan/, yang mereka
katakan tidak memiliki kemiripan dengan karya mana pun yang menentang
evolusi yang mereka saksikan sebelumnya, adalah ancaman yang jauh lebih
besar dari sudut pandang sistem pemikiran mereka sendiri dibandingkan
seluruh karya anti-Darwinis lain hingga kini; sedemikian hingga mereka
bahkan benar-benar berupaya melarang buku tersebut.

Tidak ada keraguan bahwa ketakutan ini adalah bukti terpenting tentang
kebenaran dan nilai penting informasi dalam Atlas tersebut.
Penemuan-penemuan ilmiah dalam buku itu, yang meruntuhkan evolusi, telah
menyadarkan banyak orang Eropa bahwa bertahun-tahun mereka telah
dibohongi. Misalnya, sebuah jajak pendapat baru-baru ini oleh /Science
Actualités/ di Prancis menyingkapkan bahwa *92% orang tidak yakin bahwa
manusia muncul menjadi ada melalui evolusi, sedangkan hanya 5% percaya
evolusi*.

Masyarakat Eropa, yang telah mulai sadar bahwa evolusi adalah dongeng
yang disebabkan keterbelakangan abad ke-19, kini telah menyaksikan,
dengan bukti melimpah yang mendukung, bahwa Penciptaan telah dibuktikan.
Awal pencerahan pemikiran di Eropa ini telah menimbulkan kegelisahan
mendalam di kalangan kelompok materialis, ateis dan Darwinis. Salah satu
isyarat terakhir dari kegelisahan ini adalah laporan yang disusun
Panitia Kebudayaan, Ilmu Pengetahuan dan Pendidikan, Sidang Parlemen
Dewan Eropa. Dokumen ini, yang berjudul /?The Dangers of Creationism in
Education?/ (Bahaya Paham Penciptaan dalam Pendidikan), disusun oleh
penganut paham sosialis asal Prancis Guy Lengagne. Keputusasaan mereka
di hadapan bukti bahwa evolusi tidaklah ilmiah jelas terlihat hampir di
setiap baris laporan itu.

(Petikan langsung dari laporan itu dikutip di bawah ini. Sudah pasti
Allah dan kaum beriman terbebas dari pernyataan mana pun di dalamnya
yang tidak memperhatikan penghargaan dan penghormatan semestinya.)

1- Panitia tersebut memaparkan bagaimana keyakinan terhadap evolusi
telah menurun dan semakin banyak orang menerima fakta Penciptaan di
Eropa di tahun-tahun belakangan:

Butir 2

? Kini teori-teori penganut paham penciptaan cenderung merambah Eropa
dan penyebarannya berpengaruh pada sejumlah besar negara anggota Dewan
Eropa.

 

2- Alasan upaya mempertahankan Darwinisme agar tetap hidup adalah
dukungan yang dianggap ilmiah yang diberikannya bagi paham materialisme.
Keruntuhan Darwinisme bermakna hilangnya satu dari landasan-landasan
utama paham materialisme dan ateisme. Laporan tersebut benar-benar
menggambarkan bagaimana pengajaran Penciptaan telah melemahkan cara
pandang, dengan kata lain paham materialisme, ?yang dengan sabar telah
dibangun? selama bertahun-tahun:

Butir 5

          
Kita sedang menyaksikan tumbuhnya pola pemikiran, yang lebih baik untuk
menanamkan ajaran agama, yang *sedang menyerang bagian paling inti dari
pengetahuan yang dengan sabar telah kita bangun tentang alam kehidupan,
evolusi, asal usul kita dan kedudukan kita di alam semesta.*

 
3- Ada kekhawatiran nyata dalam laporan tersebut bahwa orang-orang muda
mulai menyaksikan kebenaran. Apa yang diistilahkan sebagai ?kebingungan
pemikiran? sesungguhnya adalah kewaspadaan dalam berpikir. Akal yang
telah dilumpuhkan oleh propaganda materialis, ditipu oleh
kebohongan-kebohongan evolusionis, dan diajari berpikir hanya dalam satu
arah, kini mulai berpikir tanpa prasangka dan menyaksikan bahwa evolusi
tidaklah didukung oleh ilmu pengetahuan:

Butir 6

Terdapat *bahaya nyata berupa KEBINGUNGAN SERIUS yang sedang ditanamkan
ke dalam benak anak-anak kita?* /[penekanan ditambahkan]/

 

4- Isyarat bahwa orang-orang mulai memiliki keraguan tentang teori
evolusi, yang telah ditampilkan sebagai fakta tak terbantahkan selama
150 tahun terakhir, adalah satu di antara tanda-tanda terpenting
keruntuhan evolusi. Ketika mereka yang merasakan kecurigaan yang
beralasan seperti itu mulai mengkaji dan menyelidiki masalah tersebut
sedikit lebih dalam mereka akan menyadari betapa mereka bertahun-tahun
telah dibohongi oleh dongeng evolusi. Itulah penyebab bunyi tanda bahaya
para Darwinis:

Butir 9

? Melalui sarana-sarana ini para pendukung penciptaan ? *menanamkan
keraguan dan kebingungan di dalam benak mereka.*

 

5- Laporan itu menyatakan bahwa ini adalah kali pertama peradaban
materialis Eropa telah menghadapi ancaman sedemikian serius. Ini,
selanjutnya, adalah bukti ketepatan dan kekuatan informasi yang
terkandung dalam buku /Atlas Penciptaan/. Informasi dalam buku tersebut
telah mendorong kaum materialis mengambil tindakan pencegahan dalam
berbagai bentuk untuk kali pertama:

Butir 17

Penelitian tentang *pengaruh menguat para pendukung penciptaan*
menunjukkan bahwa silang-pendapat antara paham penciptaan dan evolusi
melebar jauh melebihi perseteruan pemikiran. *Jika kita tidak hati-hati,
nilai-nilai yang merupakan hal paling hakiki dari Dewan Eropa akan
berada dalam ancaman langsung* para fundamentalis pendukung penciptaan.
Adalah bagian dari peran anggota parlemen Dewan Eropa untuk bertindak
sebelum terlalu terlambat.

 

6- Rendahnya jumlah penganut Darwinisme di negara-negara berbahasa
Inggris seperti Amerika Serikat dan Australia adalah kenyataan yang
membuat para Darwinis sangat cemas:

Butir 37

Namun begitu, paham penciptaan (atau paham penciptaan baru) *masih
sangat mapan di negara-negara berbahasa Inggris, khususnya di Amerika
Serikat dan Australia.* ? *Di bulan Juli 2005*, /Pew Research Center
/mengadakan jajak pendapat yang menunjukkan bahwa *64% warga Amerika
memilih pengajaran perancangan cerdas disamping teori evolusi dan bahwa
38% mendukung penghapusan sama sekali pengajaran evolusi di
sekolah-sekolah milik umum.* ... Kini, 20 dari 50 negara bagian Amerika
sedang menghadapi kemungkinan penyesuaian kurikulum sekolahnya yang
memihak perancangan cerdas.

 

7- Namun, penyebab sesungguhnya ketakutan di kalangan materialis adalah
kenyataan bahwa peradaban materialis Eropa yang didasarkan pada
Darwinisme sebentar lagi akan lenyap. Di mata kaum materialis,
karya-karya yang menyingkap ketidakabsahan paham materialisme merupakan
?ancaman? paling serius terhadap rencana-rencana Eropa.

Butir 38

Banyak orang berpikir bahwa fenomena ini hanya menimpa Amerika Serikat
dan bahwa, *kalaulah tidak mungkin berdiam diri terhadap apa yang sedang
terjadi di sisi lain Samudera Atlantik, bukanlah tugas Dewan Eropa untuk
menangani masalah ini. _Namun tidaklah demikian._* Sebaliknya,
_tampaknya sangat mendesak bagi kita untuk mengambil tindakan pencegahan
semestinya di 47 negara anggota kita._

 

8- Satu di antara hal yang secara khusus dicermati para Darwinis adalah
kegiatan intelektual yang dilakukan kalangan Muslim sejak tahun 1980-an
yang secara intelektual menghancurkan Darwinisme.

Butir 39

*Di samping paham penciptaan Kristen kini terdapat paham penciptaan
Muslim:* pembuktian paham penciptaan dari sumber Kristen diterima luas
di kalangan Muslim seiring dengan kebangkitan pergerakan Islam di awal
tahun 1980-an.

 

9- Buku Adnan Oktar ?/Atlas Penciptaan/? secara khusus dianggap
berbahaya bagi Darwinisme. Buku ini telah sampai di negara-negara Eropa
dan telah menimbulkan kepanikan serius di kalangan Darwinis:

Butir 40

? Alhasil, kita telah menyaksikan beberapa upaya dari berbagai
pergerakan ini di benua Eropa-Asia di beberapa tahun terakhir, dengan
sekolah-sekolah terlihat sebagai sasaran utama. *Awal 2007 menyaksikan
serangan penganut penciptaan Turki Harun Yahya, yang mengirimkan karya
terakhir dan sangat-mewahnya, berjudul ?/Atlas Penciptaan/?, yang
menyatakan kecaman terhadap kebohongan teori evolusi, ke sejumlah besar
sekolah Prancis, Belgia, Spanyol dan Swiss....*

 

10- Dampak buku /Atlas Penciptaan/ di Eropa dan karya-karya lain Adnan
Oktar yang melemahkan Darwinisme di Turki dipaparkan di
paragraf-paragraf lain laporan itu:

Butir 54

Dai Islam Turki *Harun Yahya, yang nama aslinya Adnan Oktar, adalah satu
di antara tokoh yang paling melambangkan gerakan ini.* Ia berusia
sekitar lima puluh tahun dan telah menerbitkan karya-karya tentang
penciptaan atau agama selama sekitar dua puluh tahun. Ia juga memiliki
rumah penerbitan sendiri, /Global/, yang berkantor pusat di Istanbul.
Pada tahun 1991, Oktar mendirkan yayasan ilmu pengetahuan dan penelitian
/Bilim Arastirma Vakfi/ (BAV). *Sejak pendiriannya, BAV sangatlah giat
berupaya agar paparan apa pun tentang evolusi dihilangkan dari
pendidikan Turki. Yayasan ini juga menyelenggarakan banyak konferensi
tentang paham penciptaan di kota-kota kecil dan besar penting di Turki. ?*


Butir 55

Karya terkini Harun Yahya muncul di bulan Desember 2006 dan diberi judul
*?/Atlas Penciptaan/?. Ini adalah buku besar dan jilid pertama dari
serangkaian tujuh jilid.* Buku ini berupaya *menyanggah Darwinisme dan
teori evolusi dalam 772 halaman penuh gambar. Kesimpulannya jelas:
/?penciptaan adalah fakta?/ and /?evolusi adalah penipuan?/.* Lebih
jauh, sang pengarang mengecam tajam /?kaitan rahasia antara Darwinisme
dan ideologi-ideologi penumpah darah, seperti fasisme dan komunisme?/.
*Di awal tahun 2007 Yahya melancarkan serangan dengan tujuan
penyebarluasan besar-besaran karyanya di Eropa dan seluruh dunia.*


/Di Prancis:/

Butir 57

/Serangan Harun Yahya/: Di awal 2007, penganut penciptaan Turki Harun
Yahya mengirimkan karyanya yang berjudul ?/Atlas Penciptaan/? ke
sejumlah besar sekolah dan pusat informasi Prancis. ?


11- Tak punya sanggahan ilmiah apa pun terhadap isi buku /Atlas
Penciptaan/, para Darwinis menggunakan watak Abad Pertengahan dan
berupaya melarang buku tersebut. Namun sesungguhnya pemikiran tidak
dapat dihentikan dengan cara melarangnya. Pada kenyataannya, yang
menyebabkan kepanikan itu di kalangan kaum materialis Eropa adalah
karena mereka telah menyaksikan keruntuhan evolusi yang tak dapat dicegah.

Butir 57

? Sebagai tanggapan, Menteri Pendidikan, Gilles de Robien, menyeru para
kepala kantor pendidikan agar memastikan bahwa buku ini /"yang tidak
sesuai dengan isi kurikulum yang dirumuskan oleh Kementerian, tidak
tersedia di pusat-pusat informasi di sekolah?/. Hervé LeGuyader,
Profesor Biologi Evolusi di Universitas Paris VI, ditugaskan oleh
Inspektorat Pendidikan Nasional Umum untuk membuat telaah rinci terhadap
atlas ini. ?

 

12- Ini adalah kali pertama mereka mendapati sebuah buku yang sedemikian
telak meruntuhkan evolusi yang dipenuhi bukti-bukti yang mendukung,
hingga mengguncang para Darwinis. Kenyataan bahwa informasi yang
dikandung dalam buku tersebut tak terbantahkan telah mengejutkan para
Darwinis, yang mengakuinya sendiri:

Butir 57

? Ia [Hervé LeGuyader]menganggap buku tersebut */?JAUH LEBIH BERBAHAYA
daripada upaya-upaya penganut penciptaan sebelumnya, yang seringkali
berasal dari Inggris?/*. Ia yakin bahwa ...cara yang digunakan sang
pengarang dapat */?TERBUKTI SANGAT MENGENA/*/ untuk masyarakat awam/. ?
/[penekanan ditambahkan]/

 

13- Keadaannya sama di banyak negara Eropa. /Atlas Penciptaan/ telah
sampai di banyak negara. Dihadapkan pada bukti nyata dalam /Atlas
Penciptaan/ dan tidak mampu memberikan sanggahan ilmiah apa pun, kaum
Darwinis berupaya agar buku tersebut dilarang.

Butir 59

/Kegiatan Harun Yahya di Swiss berbahasa Prancis/: Di bulan Maret 2007,
sejumlah besar sekolah di Swiss berbahasa Prancis juga menerima karya
Harun Yahya ?/Atlas Penciptaan/?. ?


Butir 63

/Upaya pendukung penciptaan menyusup ke sekolah-sekolah Belgia/: Setelah
Prancis, dan bersamaan dengan serangan di Swiss, Harun Yahya melancarkan
penyebarluasan /Atlas Penciptaan/nya di Belgia di bulan Maret 2007.
Dalam surat edaran tertanggal 22 Maret 2007, Marie Arena, Menteri urusan
pendidikan wajib dan pembangunan sosial, *memperingatkan /?seluruh
pegawai pendidikan tentang nilai-nilai yang dianjurkan oleh buku ini?/
dan kemudian berkata bahwa ia /?mengandalkan setiap orang agar WASPADA
[...] untuk memastikan bahwa [buku] itu bagaimana pun tidak (boleh)
menjadi satu sarana pendidikan bagi murid-murid?/  */[penekanan
ditambahkan]/


Butir 74

Sebulan setelah Prancis, /Atlas Penciptaan/ Harun Yahya diterima oleh
sejumlah profesor di fakultas biologi Universitas Barcelona dan oleh
perpustakaan universitas itu.

 

14- Bagian akhir laporan itu sekali lagi menegaskan bagaimana peradaban
materialis Eropa berada dalam ancaman besar. Isyarat bagaimana
Darwinisme didukung karena alasan ideologis terlihat jelas. Apa yang
dimaksud laporan tersebut dengan kata-kata ?bertindak sebelum hal itu
terlalu terlambat ? adalah kekhawatiran atas kehancuran mutlak
Darwinisme, dan yang berarti pula terhapusnya materialisme secara
menyeluruh.

Butir 104

Pengkajian terperinci tentang *PENGARUH MENGUAT PARA PENDUKUNG
PENCIPTAAN *menunjukkan bahwa perbincangan antara paham penciptaan dan
paham evolusi melebar jauh melebihi perseteruan pemikiran. *Jika kita
tidak hati-hati, nilai-nilai yang merupakan hal paling hakiki dari Dewan
Eropa akan berada dalam bahaya ancaman langsung oleh para fundamentalis
pendukung penciptaan.* Adalah bagian dari peran anggota parlemen Dewan
Eropa untuk *bertindak sebelum terlalu terlambat.* /[penekanan ditambahkan]/

Read More

kenapa berbohong

style
salamsuper[dot]com
The Power Of Inspiration
? Renungan Pasca Pilpres
Keutamaan Berinfaq ?

Mario Teguh Golden Ways 12 Juli 2009: Membaca Orang Bohong

07.12.2009 by admin in Super Notes

Sahabat Indonesia, Ijinkan kami untuk kembali menyampaikan resume dari acara yang memberikan banyak inspirasi, Mario Teguh Golden Ways MetroTV, edisi 12 Juli 2009, dengan Topik “Membaca Orang Bohong“. Jangan sampai hanya orang lain, yang mengetahui cara-cara membaca tanda-tanda kebohongan pada orang lain, termasuk Anda. Apa jadinya jika bawahan bisa membaca ketidak-tulusan para atasannya? Apakah di keluarga, kita membutuhkan cara-cara untuk memastikan ketepatan informasi antara anggotanya?. Dalam edisi ini Pak Mario mengupas secara tuntas bagaimana teknik membaca orang bohong. Berikut resume yang bisa kami catat:

Untuk mengerti seseorang, kita hampir sembilan kali perhatian terhadap yang tidak dikatakannya. Yang dikatakan seseorang hanya mewakili 7% dari maksud-nya, 93% ditampilkan dalam gerak tubuhnya.

Mengapa orang berbohong?
Siapapun yang ditawarkan sesuatu untuk membeli atau mengambil sesuatu untuk menjadi tanggung jawabnya dia akan lebih mudah menolak. Semua pria yang sekarang belum menikah tahu bahwa wanita lebih cepat mengatakan ‘tidak’  jika ditawari menikah daripada bilang ‘ya’. Karena wanita yang bilang ‘ya’ langsung bertanggung jawab untuk melahirkan anak-anaknya dan mengurusi serta membesarkannya.

 

 


Tetapi banyak orang mengerti bahwa mengatakan ‘ya’ itu mengharuskannya untuk bertanggung jawab. Sehingga dia mengatakan ‘tidak’ dulu,  baru di cek, apakah menguntungkan atau tidak.

Itu sebabnya para penjual diajarkan untuk tidak boleh bereaksi pada kata ‘tidak’ yang pertama, karena itu hanya penolakan alamiah.

Mengapa kita perlu tahu bahwa orang berbohong?
Karena kita ingin betul-betul membantu orang mendapatkan sesuatu yang tadi ditolaknya.

Kalau kita penyayang, waktu orang berbohong, tampilkan anda percaya karena menghormatinya. Lalu dalam pembicaraan berikutnya, anda atur bicara, yang membuat dia tahu kita mengabaikan yang dikatakannya tadi. Sehingga dia jadi ragu, apakah kita mengetahui kebohongan dia atau tidak. Tidak perlu dia tahu kita bohong dan membuat dia malu. Karena kalau dia malu, dia akan berbohong kembali untuk menutupi kebohongannya. Pada kebanyakan orang, sekali berbohong dia akan kembali berbohong untuk menutupi kebohongannya.

Perhtikanlah para pemimpin yang jatuh, karena terlalu banyak melakukan kebohongan, hanya untuk menutupi kebohongan yang dilakukan sebelumnya. Sehingga anjurannya, jangan memulai kebohongan, karena ini akan mengharuskan kita melakukan kebohogan lagi untuk menutupi kebohongan sebelumnya.

Lalu kalau kita tahu orang berbohong, sayangi dia, bantu dia untuk menemukan kebaikan dalam hubungannya dengan kita.

Orang-orang yang tangan kanannya aktif, 70% mempunyai prilaku yang bisa diduga, meskipun dari yang 70% ini ada yang perilakunya terbalik dari yang umum.

Orang-orang yang aktif tangan kanannya, kalau mengingat sesuatu yang telah terjadi dan ada didatabase ingatannya, mempunyai kecenderungan matanya, bergerak ke kiri bawah. Kekiri bawah, atau kekiri saja, tapi gerakan matanya kekiri.

Kalau dia harus ngarang berbicara dengan emosi atau membayangkan, belum tentu dia berbohong. Memikirkan bagaimana cara yang baik untuk mengatakan sesuatu agar orang tidak tersinggung, dia seperti perilakunya berbohong.Yaitu gerakan matanya sekarang terbalik, rata2 kekanan atas. Jika orang yang matanya bergerak kiri-kanan atau memejamkan matanya, berarti ada masalah untuk mengatakan yang sebenarnya.

Orang yang jendela kantornya disebelah kanan, sering bermasalah diduga berbohong. Karena kebiasaan menoleh ke arah kanan, dan kebiasaan ini terbawa ketika dalam negosiasi. Untuk itu, mulai sekarang berhati-hatilah, karena orang membuat kesan salah atau benar, kesan orang dibuat sebagai penetap keputusan kepada kita.

Kebanyakan orang begitu sadar dibaca langsung beku (frozen). Tanpa berbicara-pun, orang yang beku akan kelihatan dia sedang menyimpan sesuatu untuk disembunyikan. Jadi santailah. Semakin serius orang mau memperhatikan anda, anda harus semakin santai. 

Ada gerak tubuh lain yang bisa dibaca yaitu kedipan mata. Kedipan mata itu teratur untuk melubrikasi, membasahi bola mata supaya tidak kering. Sehingga kalau kedipan mata itu berlebihan diatas kewajaran, berarti ada sesuatu yang menekan orang itu untuk menyembunyikan jendela hatinya, karena mata itu adalah jendela hati.

Perhatikanlah orang yang habis bertengkar, lalu kemudia baikan. Jarang sekali melakukan kontak mata, karena takut ketahuan orang bahwa dia belum ikhlas.

Kalau kita tanpa sengaja, terlalu banyak menggerakan mata kearah kanan, kita membantu orang untuk mencurigai kita. Ada baiknya kita mengarahkan bahu kita kearah orang itu, sehingga wajah kita lebih kearah kiri, sehingga kita lebih aman, dan kelihatan lebih bersungguh-sungguh disana. Jadi ada strategi disegala sesuatu, berhati-hatilah dan ikhlaslah memperbaharui diri.

Dalam edisi Golden Ways kali ini ada sesi yang disebut Machine Gun yaitu audiens memberikan sejumlah pertanyaan secara cepat dan beruntun, dan Pak Mario menjawab-nya secara cepat dan padat, berikut petikannya:

T: Benarkah bohong itu perlu?
MT: Kalau yang diperlukan berbohong utuk membantu seseorang yang memang suka dibohongi sebelum melakukan yang baik, maka berbohonglah. Tetapi kalau bisa dikatakan dengan sejujurnya, katakanlah dengan sejujurnya.

T: Apakah bohong itu selalu diperlukan?
MT: Selalu diperlukan, tidak, dan kalau bisa, sama sekali jangan digunakan. Kalau bisa mengatakan yang sebetulnya, mengapa harus berbohong.

T: Kalau lawan bicara kita, mengindikasikan gerak mata yang berbohong, tetapi dia bersumpah dengan nama Tuhan, itu bagaimana?
MT: Perlu diketahui terlebih dahulu, ada orang yang terbalik gerak tubuhnya dari yang 70% tadi. Untuk itu harus dikenali dahulu kecenderungan orang ini. Tetapi kalau ada orang bersumpah, dengan tanda-tanda dia berbohong, anda jangan pegang sumpahnya. Banyak orang bersumpah dipengadilan, padahal dia berbohong. Keputusan andalah yang harus logis, hormati sumpahnya, tetapi anda harus melakukan yang benar. 

T: Apakah ada bohong yang membuat kita besar?
MT: Ada, Orang bersikap seolah dihargai dan dibutuhkan banyak banyak orang, padahal keadaanya tidak seperti itu, sehingga dia tampil lebih percaya diri, ini adalah contoh bohong kepada diri sendiri yang membuat kita besar.

T: Apakah bohong bisa dilihat dari tingkah lakunya yang suka salah?
MT: Tentu, perilaku jiwa tidak bisa dilihat kecuali dalam manifestasinya digerakan kita. Orang yang dari duduk kemudian berdiri, dari berdiri kemudian bersandar itu ada niatan. Berarti jangan sepelekan yang dilakukan orang dalam gerakan tubuhnya, karena itu adalah manifestasi dari yang terjadi dijiwanya.

T: Menurut saya selain dari gerakan mata, intonasi dalam berbicara juga diperlukan. Bagaimana menurut Bapak?
MT: Memang betul ada rincian yang lebih banyak lagi, mata hanyalah salah satu tolok ukur, ada gerakan tangan, ada cara mengangguk, ada kecepatan menolehnya, ada tegaknya badan dll.

T: Menurut Pak Mario orang berbohong itu karena situasi atau karena watak?
MT: Sebetulnya semua orang dilahirkan jujur. Tetapi kita mendidik anak untuk tidak sepenuhnya jujur. Kitalah yang mendidik anak-anak kita untuk berlajar mengatakan yang tidak sebenarnya. Jadi kalau begitu, kitalah yang harus kembali kepada kemampuan untuk menjadi pribadi yang jujur dan tetap dihormati.

 

 

 

T: Bagaimana cara mengetahui isi kepala orang, tanpa terpengaruh dengan apa yang diucapkannya?
MT: Semua istri tahu, apabila suaminya bebicara tentang suatu hal, maksudnya hal lain.  Mengertilah, bahwa kemampuan orang itu lebih cepat pikiran-nya daripada kemampuan-nya bicara. Sehingga dibutuhkan kesabaran untuk menunggu kemana arah pembicaraan-nya. 

T: Bila kita tahu lawan bicara kita berbohong, kemudian kita juga melakukan kebohongan, dengan harapan akan menemukan kejujuran, apakah boleh dilakuan?
MT: Tidak ada cara salah bisa digunakan untuk mencapai kebaikan. Kalau mau baik-baik kita harus ikhlas. Setialah pada yang benar, lakukan yang baik, nanti lihat apa yang terjadi.

T: Jika kita berbicara dibawah tekanan, bagaimana supaya kita tidak dianggap berbohong?
MT: Kalau kita tertekan, paling baik adalah tunjukan kita tertekan. Katakan kepada lawan bicara anda, bahwa anda sebetulnya sedang tertekan. Ini akan lebih baik daripada anda disangka sedang menyembunyikan sesuatu.

T: Apakah kebohongan itu sama dengan sandiwara?
MT: Betul, kalau semua orang sudah bersandiwara, bersandiwaralah yang baik. Jadi jangan selalu katakan apa yang anda rasakan. Bersandiwara-lah yang baik, dalam arti anda simpan kesan itu, anda pilihkan kata yang paling baik, anda tunggu waktu yang paling tepat. Semua orang bisa kasar dan bisa keras, tetapi ada waktu dimana dia lembut, temukanlah waktu itu.

Ada banyak hal yang bisa dibaca selain hanya mata, contohnya adalah gerakan tangan anda yang diperhatikan orang. Gerakan tangan kanan anda cenderung menggambarkan kejujuran.

Contoh kasusnya adalah ketika anda berbicara didepan publik, jangan gunakan tangan kanan anda untuk memegang microphone, karena yang aktif adalah gerakan tangan kiri anda, dan ini akan membuat kesan negatif.

Tidak ada orang yang anda buat setuju, kalau hatinya menolak. Itu sebabnya jangan membuat pendekatan apapun yang membuat hati orang menolak. Karena kepandaian, pengalaman dan teknik seseorang, semua penggunaan itu ditentukan oleh hatinya.

Jadi mulai sekarang, jika anda berbicara kepada seseorang, anda tidak berbicara kepada orang itu seutuhnya, tapi anda berbicara ke hatinya. Maka tampil-lah santun, penuh hormat, dengarkan dulu dengan baik, baru sampaikan pesan anda.

Orang-orang yang tulus, biasanya tangan-nya akan terbuka lebar, dan gerak tangan kanan-nya akan lebih dominan.
Orang-orang itu biasanya tulus sekali, sehingga kalau ada yang penting dia tidak menunjuk ke matanya orang, karena ini menekan orang harus setuju. Untuk itu  dia menunjuk keatas.

Kalau bertemu orang, dia lebih memperhatikan orang, sebagaiman dia harus diperhatikan.
Jadi cara sederhana untuk mengenali kejujuran adalah dengan mengenali sikap hormat.

Konspirasi yang ada dilangit adalah menjadikan kita pribadi-pribadi yang mulia. Cara-cara Tuhan itu adalah cara-cara yang jujur. Terkadang cara-cara yang jujur ini dibuat tidak enak, karena kita dibuat sakit hati supaya tegas memutuskan. Kalau cara-cara dari langit itu jujur, maka jujurlah dengan cara-cara kita didunia.

Kalau jalan-jalan kejujuran itu jalan Tuhan, maka setialah kepada yang jujur. Lalu perhatikan apa yang terjadi.

Read More

Takut Khilafah Tegak di Suriah, Israel Serang Gaza”


Jakarta. Mediaumat.com. Serangan brutal Israel ke Gaza tidak bisa dilepaskan dari ketakutan Zionis terhadap perkembangan terkini di Suriah. “Menguatnya mujahidin Suriah dengan tuntutan penegakan negara Islam khilafah sangat menakutkan Amerika termasuk Zionis Israel,” ungkap Farid Wadjdi kepada mediaumat.com, Senin (19/11).
Menurut pengamat hubungan internasional tersebut, berdirinya khilafah (negara Islam global) akan menjadi ancaman nyata bagi eksistensi penjajah Zionis.
Hal itu terungkap dari pernyataan PM Israel Benyamin Netanyahu setelah melakukan inspeksi ke Dataran Tinggi Golan. Seperti dilansir almasryalyoum, Rabu (14/11), Netanyahu mengatakan  negaranya sedang menghadapi tantangan  baru di Suriah dengan menguatnya jihad global di Suriah yang anti Israel. “Jatuhnya  rezim Suriah ke tangan kekuatan baru ekstrim yang anti Israel akan mengancam Israel. Kami sedang mempersiapkan diri menghadapinya,” tegas Netanyahu.
“Netanyahu kemudian membuktikan itu dengan melancarkan serangan mematikan sejak Rabu (14/11) terhadap Gaza,” beber DPP Hizbut Tahrir Indonesia tersebut.
Tampaknya ketakutan Israel semakin menjadi-jadi setelah gabungan kelompok Mujahidin Suriah yang berperang langsung melawan rezim bengis Assad menolak Koalisi Nasional untuk Revolusi Suriah dan Pasukan Oposisi, aliansi baru yang dibentuk pada pertemuan di Qatar pada 11 November 2012 lalu. Seperti yang dilangsir Herald Sun (19/11) gabunganpasukan  mujahidin Suriah  menegaskan menolak proyek konspirasi yang disebut Koalisi Nasional dan mengumumkan konsensus mereka untuk mendirikan negara Islam di Suriah. [] Joko Prasetyo
Read More

Menolong Gaza Bukan dengan Mediasi dan Delegasi Bela Sungkawa



Al-Islam edisi 631, 23 November 2012-9 Muharram 1434

بسم الله الرحمن الرحيم

Menolong Gaza Bukan dengan Mediasi yang Menyerukan untuk Tenang dan Delegasi Bela Sungkawa atas Syuhada’
Menolong Gaza Tidak Lain dengan Pasukan Besar yang Menyerang Entitas Yahudi Pagi dan Petang

Selama empat hari berturut-turut, Gaza dibombardir oleh entitas Yahudi dari darat, laut dan udara. Puluhan orang syahid dan ratusan lainnya terluka… Sementara para penguasa negeri kaum Muslimin, khususnya yang memiliki kedekatan kekerabatan! hanya sibuk menghitung syuhada’ dan korban luka. Mereka berlomba menyatakan penolakan dan pengingkaran. Mereka memprotes dengan seruan yang lembut, bahkan bergumam! Menteri luar negeri Qatar, sponsor entitas Yahudi di kawasan, memperingatkan dan mengancam melalui bulu burung onta istananya bahwa serangan Yahudi, “Tidak boleh berlalu begitu saja tanpa sanksi!” Lalu mereka berkomunikasi satu sama lain, mengobrol tentang penderitaan yang terjadi di Gaza. Mereka menampakkan kesedihan atas apa yang terjadi. Mereka saling berjanji mengirimkan mediator untuk menenangkan suasana atau delegasi bela sungkawa … Maka pemboman atas Gaza pun terus berlangsung sementara delegasi ada di depan mereka tanpa ada pergerakan dari para penguasa yang tetap diam saja! Bahkan cara yang terbaik dari mereka dengan mengawali harinya pagi-pagi dengan ucapannya, “Saya berkomunikasi sebentar dengan presiden Amerika Obama dan terjadi pembicaraan di antara kami seputar pentingnya penghentian serangan ini dan agar tak terulang lagi”. Dia memulai harinya dengan berbicara bersama penjaga keamanan entitas Yahudi, Obama, seputar pentingnya penghentian serangan …! Itu yang justru dia lakukan untuk mengawali harinya dan bukannya memulai hari dengan menunaikan shalat Subuh dan menggerakkan pasukan untuk membela darah warga Gaza yang ditumpahkan oleh tangan-tangan Yahudi. Pepatah mengatakan, “Darah adalah darah dan kehancuran adalah kehancuran”. Bukannya melakukan itu, justru dia memulai harinya dengan berbicara bersama Obama! Bahkan yang lebih menyakitkan dan ironis, ketika teman mereka ditanya, “Kalau begitu apa perbedaan antara Anda dengan penguasa yang telah tumbang. Ia dahulu menarik duta besar, menyatakan kritik dan penolakan atas serangan dan berkomunikasi dengan Obama …? Ia menjawab: “Ada perbedaan! Kami melakukan itu segera. Sedangkan penguasa yang telah tumbang dan para pendukungnya, mereka melakukannya dengan lambat!”
Wahai kaum Muslimin, sungguh sangat aneh, negeri Islam diduduki lalu pembebasannya terlantar di tengah keramaian. Semua solusi dibahas, kecuali solusi yang benar. Masyarakat disesatkan dari realitas masalah. Seolah-olah Yahudi memiliki negara yang berdiri tegak dan bahwa di sana ada masalah tentang garis batas antara kita dengan Yahudi. Lalu kita mengikat kesepakatan-kesepakatan di Camp David, Wadi Urubah, Doha atau di tempat lain, secara rahasia dan terang-terangan. Lalu kita menyerukan penghormatan terhadap hukum internasional dan agar tidak terjadi peperangan di antara negara-negara. Kemudian kita mencari mediator lokal, regional atau internasional untuknya dan kita beranggapan telah berhasil menjujung tinggi kebenaran dan Allah pun mencukupkan kaum Mukminin dari perang!
Masalahnya tidak demikian, wahai kaum Muslimin. Faktanya adalah bahwa Yahudi telah mencaplok Palestina, mendirikan negara di sana dan mengusir warga Palestina dari sana. Negara Yahudi itu tidak akan lenyap dan Palestina tak akan kembali kepada warganya, kecuali dengan pasukan kuat yang mukmin, yang memenuhi hukum Allah atas orang yang memerangi kita dan mengusir kita dari negeri kita.
] وَاقْتُلُوهُمْ حَيْثُ ثَقِفْتُمُوهُمْ وَأَخْرِجُوهُمْ مِنْ حَيْثُ أَخْرَجُوكُمْ [
Dan bunuhlah mereka di mana saja kamu jumpai mereka, dan usirlah mereka dari tempat mereka telah mengusir kamu(TQS al-Baqarah [2]: 191)

Adakah orang yang tidak tahu solusi ini kecuali orang yang telah Allah tutupi hati dan pendengarannya dan terhadap penglihatannya diletakkan tabir? Adakah solusi lain untuk mengembalikan Palestina kepada warganya selain melenyapkan entitas yang mencaploknya dan mengusirnya dari tempat di mana warga Palestina diusir?
Wahai kaum Muslimin, sesungguhnya musibah kita ada pada diri para penguasa kita dan kelompok pendukung mereka … Mereka menyebarkan anggapan di tengah masyarakat bahwa kita tidak mampu memerangi Yahudi, tidak punya senjata seperti mereka dan tidak punya pendukung seperti mereka!
]كَبُرَتْ كَلِمَةً تَخْرُجُ مِنْ أَفْوَاهِهِمْ إِنْ يَقُولُونَ إِلَّا كَذِبًا[
Alangkah jeleknya kata-kata yang keluar dari mulut mereka; mereka tidak mengatakan (sesuatu) kecuali dusta. (TQS al-Kahfi [18]: 5)

Sebenarnya, kita mengelilingi Yahudi dari segala arah. Senjata milik kita juga berlimpah…, akan tetapi tidak tampak ketika melawan Yahudi atau pun kaum kafir imperialis. Sebaliknya senjata kita muncul ketika menghadapi penduduk negeri-negeri kaum Muslimin… dan terhadap kaum bersenjata di Sinai yang mempersenjatai diri untuk memerangi entitas Yahudi pencaplok Palestina. Senjata kita hanya muncul untuk memerangi manusia, pepohonan, dan bebatuan di Suria. Kita melihat bermacam jenis senjata rezim yang belum pernah kita lihat sebelumnya! Senjata kita tampak dari pesawat tempur Pakistan yang membombardir suku-suku kaum Muslimin, sebagai bantuan untuk Amerika. Senjata kita hanya tampak dalam tindakan represif membungkam masyarakat di Sudan pada waktu di mana selatan Sudan ditelantarkan…! Dan dalam perkara-perkara lainnya yang dilakukan para penguasa tanpa rasa malu sedikit pun kepada Allah, Rasul-Nya dan kaum Mukminin… Adapun alasan mereka tentang para pendukung Yahudi, maka Allah adalah pelindung kita dan mereka tidak punya pelindung.
] ذَلِكَ بِأَنَّ اللَّهَ مَوْلَى الَّذِينَ آمَنُوا وَأَنَّ الْكَافِرِينَ لاَ مَوْلَى لَهُم[
Yang demikian itu karena sesungguhnya Allah adalah pelindung orang-orang yang beriman dan karena sesungguhnya orang-orang kafir itu tiada mempunyai pelindung. (TQS Muhammad [47]: 11)

Kemudian para penguasa itu sendiri adalah pendukung pertama entitas Yahudi. Mereka menjaga keamanan Yahudi. Mereka menyesatkan masyarakat dengan kekuatan entitas ini, padahal seandainya dibuka ruang untuk pasukan kaum Muslimin dalam berperang dengan benar dan ikhlas, niscaya mereka menemukan bahwa kekuatan entitas ini lebih rapuh dari sarang laba-laba…
Wahai kaum Muslimin, darah warga Gaza yang suci lagi bersih tidak akan bisa dibela oleh mediator netral yang mengunjungi Gaza untuk menenangkan suasana. Juga tidak oleh delegasi yang datang untuk berbela sungkawa. Sama halnya juga tidak oleh pernyataan menyala-nyala dari raja, presiden, dan amir, yang tidak lebih merupakan tipu muslihat, di mana semuanya tertawa di balik pintu! Mereka tidak serius menjadikan entitas Yahudi sebagai musuh, bahkan sama sekali tidak ada kesungguhan dari mereka… Mereka juga tidak mengambil orang-orang berakal dan bijak dari umat ini untuk posisi penting. Mereka hanya mengambil orang-orang yang hatinya buta sebelum mata mereka, sehingga mereka menjabat tangan penguasa ini dan itu, karena mengirim utusan menyampaikan bela sungkawa atas musibah mereka; padahal entitas Yahudi membombardir mereka sementara delegasi bela sungkawa masih ada di samping mereka …!
Sesungguhnya darah warga Gaza tidak bisa dibela dengan cara ini dan itu. Melainkan hanya bisa dibela dengan pasukan yang bergerak dari Sinai, Sungai Jordan, selatan Lithoni, dan Golan; baik semuanya atau sebagiannya, menghadapi entitas Yahudi…; pasukan yang di tengah armadanya mengusung sumpah Abu Bakar ra agar musuh melupakan bisikan-bisikan setan… Begitulah wahai kaum Muslimin, darah warga Palestina dahulu dibela dengan tangan-tangan tentara Shalahuddin, melalui tangan-tangan azh-Zhahir Baibars. Begitulah darah warga Palestina wajib dibela dengan tentara kaum Muslimin yang semangatnya membara untuk memerangi entitas Yahudi… Hanya dengana cara itulah darah warga Gaza yang suci bisa dibela. Tidak bisa dibela dengan sesuatu yang lain. Tidak seorang pun yang berakal sehat mengatakan cara lain, kecuali dia termasuk orang yang buta mata dan pikiran, buta dunia dan buta akhirat.
]وَمَنْ كَانَ فِي هَذِهِ أَعْمَى فَهُوَ فِي الْآخِرَةِ أَعْمَى وَأَضَلُّ سَبِيلاً [
Dan barangsiapa yang buta (hatinya) di dunia ini, niscaya di akhirat (nanti) ia akan lebih buta (pula) dan lebih tersesat dari jalan (yang benar). (TQS al-Isra’ [17]: 72)

Wahai tentara shiddiqun di dalam pasukan kaum Muslimin:
Tidak adakah di antara Anda orang cerdas yang dengannya para penguasa terpaksa memperlakukan Yahudi dengan perlakuan perang riil, lalu ia menggerakkan pasukan untuk mencabut entitas ini…?
Tidak adakah di antara Anda seorang yang teguh dan mukmin yang mematahkan tongkat para penguasa, sehingga dia menggerakkan legiun dan batalyon di dalam jihad yang dicintai Allah dan Rasul-Nya untuk mencabut entitas pencaplok ini dari akar-akarnya? Letusan senapan yang ditembakkan oleh batalyon ini akan diikuti oleh letusan-letusan dari batalyon-batalyon lain tanpa bisa dihentikan oleh penguasa yang zalim dan jahat. Begitulah seharusnya orang-orang berlomba kepada kebaikan dan kemenangan.
]إِنْ تَنْصُرُوا اللَّهَ يَنْصُرْكُمْ وَيُثَبِّتْ أَقْدَامَكُمْ[
Hai orang-orang yang beriman, jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu. (TQS Muhammad [47]:7)

Tidak adakah di antara Anda orang cerdas yang mau menolong Allah, Rasul-Nya dan hamba-hamba Allah yang berjuang untuk menegakkan al-Khilafah. Dengan itu Anda mengembalikan sirah kaum Anshar dan bisa menyaksikan kemuliaan dunia dan akhirat. Sehingga Allah memuliakan Anda dengan merealisasi berita gembira dari Rasulullah saw dengan tegaknya kembali al-Khilafah yang mengikuti manhaj kenabian melalui tangan-tangan Anda. Juga akan terealisasi berita gembira Rasulullah saw berupa memerangi Yahudi dan menang atas mereka. Dengan semua itu, Anda akan meraih keberhasilan dengan mendapatkan kemuliaan dunia dan akhirat, dan berilah kabar gembira kepada orang-orang Mukmin.
Wahai tentara-tentara shidiqun, sungguh Hizbut Tahrir adalah pemberi nasihat terpercaya untuk Anda. Allah memiliki tokoh-tokoh yang muncul di sendi-sendi sejarah. Maka jadilah bagian dari mereka itu …
Allah, Allah dalam pertolongan untuk tegaknya al-Khilafah, kemuliaan Islam, sehingga ada seorang Khalifah yang Anda berperang di belakangnya dan berlindung kepadanya…
Allah, Allah dalam mahkota Islam, jihad, sehingga kemenangan atau mati syahid …
Allah, Allah dalam perdagangan yang membebaskan Anda dari azab yang pedih dengan mengikuti ucapan yang paling baik dan paling benar, firman Allah SWT:
]انْفِرُوا خِفَافًا وَثِقَالاً وَجَاهِدُوا بِأَمْوَالِكُمْ وَأَنْفُسِكُمْ فِي سَبِيلِ اللَّهِ ذَلِكُمْ خَيْرٌ لَكُمْ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ[
Berangkatlah kamu baik dalam keadaan merasa ringan ataupun merasa berat, dan berjihadlah dengan harta dan dirimu di jalan Allah. Yang demikian itu adalah lebih baik bagimu jika kamu mengetahui. (TQS at-Tawbah [9]: 41)


3 Muharram 1434 H/17 November 2012 M

Hizbut Tahrir
Read More

Untuk Semua NON-MUSLIM

Untuk Semua NON-MUSLIM orang-orang yang memiliki ide-ide buruk tentang Islam dan Muslim: 
1 - Siapa yang menyebabkan pertama dan perang dunia kedua? dan yang membunuh jutaan orang tak bersalah karena mereka perang buruk?? 
2 - Siapa yang menyerang Jepang oleh SENJATA NUKLIR dan menewaskan ribuan jika tidak jutaan orang yang tidak bersalah?? 
3 - Siapa yang membunuh 20 JUTAAN orang Australia Aborigin yang merupakan penduduk asli dari Australia benua dan pulau-pulau terdekat?? 
4 - Siapa yang membunuh LEBIH DARI 100 JUTAAN Red Indian di Amerika Utara, dan menewaskan LEBIH DARI 50 JUTAAN MEREKA di Amerika Selatan? 
5 - Siapa yang membawa LEBIH DARI 180 JUTAAN ORANG AFRIKA SEBAGAI BUDAK DAN 77 % DARI MEREKA ORANG YANG MATI DI INNOCENT JALAN, DAN YANG DILEMPAR DI Samudera Atlantik?? 
6 - Siapa yang membunuh LEBIH DARI 3 JUTAAN ORANG DI INNOCENT PERANG VIETNAM?? 
7 - Siapa yang membunuh JUTAAN MUSLIM DI Bosnia dan Herzegovina, Kosovo , Chechenia, Spanyol, Palestina, Lebanon, Afghanistan, Irak, Myanmar / Burma, Indonesia, dan dalam semua Islam / Arab negara ketika mereka diduduki oleh negara-negara Eropa ....?? 
Mari kita Irak sebagai contoh: George Bush & Tony Blair mengatakan bahwa Irak telah melarang senjata pemusnah massal, mereka mengirim para ahli untuk mencari mereka "senjata" dan mereka tidak menemukan apa-apa, tetapi Bush & Blair bersikeras untuk menyerang Irak. Apa hasilnya? Lebih dari 1,5 Juta orang tak bersalah tewas, The ekonomi Irak dan infrastruktur hancur, dan Amerika Serikat kehilangan ribuan tentara dan miliaran dolar, Dan NO senjata pemusnah massal dilarang ditemukan. Jangan lupa bahwa Amerika Serikat memiliki ribuan senjata Nuklir & Hidrogen, dan Inggris memiliki ratusan! Tapi tidak ada yang diduduki mereka.! 
Mengenai 11 September 2001: BUKAN Muslim yang menyerang Amerika Serikat dan di sini adalah bukti di sini adalah film Amerika yang disebut "Loose Change" tentang 9/11: https://www.youtube.com/watch?v=cDriLNaY0cg . SEMUA MEREKA YANG BURUK KEJAHATAN DILAKUKAN OLEH NON-MUSLIM ORANG . SO berhenti memperlakukan ORANG INNOCENT Dalam Islam itu benar-benar DILARANG untuk membunuh orang. Semua nabi dari Adam sampai Muhammad memiliki misi yang sama "Untuk memberitahu kepada orang-orang bahwa ada HANYA SATU ALLAH dan orang-orang harus menyembahnya, Untuk melakukan apa yang dia inginkan, dan untuk menghindari apa yang dia tidak ingin ... "Sekarang jika Anda ingin langit, Anda harus menjadi seorang Muslim, orang Yahudi yang akan masuk surga adalah orang-orang Yahudi yang riil sebelum kedatangan agama Kristen, Dan orang-orang Kristen yang akan masuk surga adalah orang-orang yang adalah Kristen sejati sebelum kedatangan Islam.Jika Anda membaca dan memahami Al-Qur'an dengan seksama, saya 100% yakin Anda akan menemukan jawaban atas semua pertanyaan Anda, Anda akan masuk Islam, Dan Anda akan memohon Allah untuk mengampuni Anda untuk setiap menit Anda hidup sebagai seorang non-muslim. Ribuan jika tidak jutaan orang di seluruh dunia Islam setiap tahun, ada yang memaksa mereka untuk masuk Islam, tetapi ketika mereka memahami Islam yang sesungguhnya, mereka mengkonversi ke it :) INGAT: MUSLIM TIDAK PENJAHAT, Mereka adalah KORBAN, Mereka sekitar 1,6 miliar orang dan mereka tidak memiliki anggota tetap Dewan Keamanan, Jika orang Kristen memiliki 4 anggota tetap Dewan Keamanan dengan hak veto (USA, Uk, Perancis, dan Rusia)!! Apakah ini demokrasi?? TERIMA KASIHhttp://www.youtube.com/watch?v=nv2g2litVKA - Allahu - Sami Yusuf
Read More

Perumusan Strategi Komunikasi





Perumusan Strategi Komunikasi
1. Mengenal khalayak

Suatu strategi adalak keseluruhan keputusan kondisional tentang tindakan yang akan dijalankan guna mencapai tujuan. Maka dalam merumuskan strategi komunikasi selain diperlukan perumusan yang jelas, juga harus memperhitungkan kondisi dan situasi khalayak (komunikan). Untuk itulah langkah pertama yang diperlukan adalah mengenal khalayak atau sasaran serta memilih khalayak sesuai situasi dan kondisinya agar dapat melakukan persuasi terhadap khalayak. Khalayak tidak pasif tetapi aktif, sehingga antara komunikator dengan komunikan bukan saja terjadi hubungan tetapi juga saling mempengaruhi. Khalayak dapat dipengaruhi oleh komunikator tetapi komunikator juga dapat dipengaruhi oleh komunikan atau khalayak. Hal ini dapat terjadi jika komunikator dan khalayak mempunyai kepentingan yang sama. Maka komunikator harus menciptakan persamaan kepentingan dengan khalayak dalam pesan, metoda, dan media.
Untuk menciptakan kesamaan kepentingan, komunikator harus memahami kerangka pengalaman dan kerangka referensi khalayak, meliputi :
kondisi kepribadian dan kondisi fisik khalayak :
 Pengetahuan§ khalayak mengenai pokok persoalan,
 Kemampuan
§ khalayak untuk menerima pesan-pesan lewat media yang digunakan,
 Pegetahuan
§ khayak terhadap perbendaharaan kata-kata yang digunakan,
pengaruh kelompok dan masyarakat serta nilai-nilai dan norma-norma kelompok dan masyarakat yang ada
situasi di mana khalayak itu berada
Kesedian khalayak menerima pengaruh, khususnya innovasi, oleh Schoenfeild diklasifikasikan sebagai berikut :
Innovator ( penemu idea), orang-orang yang kaya akan idea baru yang akan mudah atau sukar menerima idea baru lain.
Early adaptors, orang-orang yang cepat bersedia untuk mencoba apa yang dianjurkan padanya.
Early majority, kelompok orang-orang yang mudah menerima idea-idea baru asal saja sudah diterima oleh orang banyak.
Majority, kelompok orang banyak yang menerima atau menolak idea baru, terbatas pada suatu daerah.
Non-adaptors, oarang-orang yang tidak suka menerima idea baru dan mengadakan perubahan atas pendapatnya semula.

2. Menyusun Pesan
Setelah khalayak dan situasinya diketahui dengan jelas, selanjutnya langkah perumusan strategi komunikasi ialah menyusun pesan, yaitu menentukan tema dan materi dengan orientasi agar mampu membangkitkan perhatian.
Untuk membangkitkan perharian khalayak terhadap pesan yang disampaikan dapat menggunakan AA Procedure/from Attention to Action procedure/AIDDA seperti telah dibabas di muka.
Berkaitan dengan hal tersebut di atas, Wilbum Schramm mengajukan syarat-syarat untuk berhasil pesan tersebut sebagai berikut :
Pesan harus dirancang dan disampaikan sedemikian rupa, sehingga dapat menarik perhatian komunikan.
Pesan harus menggunakan lambang-lambang tertuju pada pengalaman yang sama antara komunikator dan komunikan, sehingga sama-sama mengerti.
Pesan harus membangkitkan kebutuhan pribadi komunikan dan menyarankan beberapa cara untuk memperoleh kebutuhan tersebut.
Pesan harus menyarankan suatu jalan untuk memperoleh kebutuhan komunikan yang layak bagi situasi kelompok dimana komunikan berada pada saat digerakkan untuk memberikan tanggapan yang dikehendaki.
Hal lain yang menyangkut perhatian khalayak dalam memperoleh pesan berkaitan dengan penggunaan tanda-tanda komunikasi (sign of communication) dan penggunaan media, menurut Wilbum Schramm adalah apa yang disebut :
Availability, yaitu isi pesan mudah diperoleh karena dalam persoalan yang sama orang selalu memilih yang paling mudah.
Contrast, yaitu menunjukkan dalam penggunaan tanda-tanda dan medium memiliki perbedaan yang tajam dengan keadaan sekitarnya, paling menyolok maka akan mudah dicari khalayak.
Dalam menentukan tema dan materi atau isi pesan yang akan dilontarkan kepada khalayak sesuai kondisinya, dapat bersifat :
one side issue, suatu penyajian masalah yang bersifat sepihak, hanya segi positif saja atau hanya segi negatif saja.
both sides issue, suatu permasalahan yang disajikan baik segi negatifnya maupun segi positifnya.
Untuk menentukan mana yang paling efektif dari kedua cara penyajian tersebut telah diteliti oleh Carl I. Hoveland, Arthur A. Limsdale, dan Fred D. Sheffield, yang rekomendasinya bahwa :
Kalau kita mengadakan komunikasi dengan orang-orang yang pada mulanya memang telah berbeda pendapat dengan kita, maka akan lebih efektif bila menggunakan both sides issue.
Kepada orang-orang yang dari mula sudah ada persesuaian pendapat, akan lebih efektif kalau diberikan one side issue.
Kepada orang-orang golongan pelajar, sebaiknya disampaikan both sides issue.
Kepada mereka yang bukan termasuk golongan terpelajar, lebih baik kalau diberikan one side issue.



Menetapkan Metoda
Metoda penyampaian pesan pada sasaran kalau menurut cara pelaksanaannya ada dua bentuk, metoda redundancy (repetition) dan canalizing. Sedangkan kalau menurut bentuk isinya terdapat metoda : informatif, persuasif, edukatif, dan kursif.
Redundancy (repetition), cara mempengaruhi khalayak dengan jalan mengulang-ulang pesan pada khalayak. Dengan alasan daya kapasitas manusia dalam menerima stimuli (decoding effeciency), serta supaya pengulangan tidak kehilangan magisnya dan terjadi titik kekenyangan (saturation point) maka pengulangan harus sederhana diantara yang minimum dan yang maksimum.serta dengan variasi-variasi yang menarik.
Canalizing, yaitu komunikator menyediakan saluran-saluran tertentu untuk menguasai motif-motif yang ada pada diri khalayak, dalam hal ini pada permulaan supaya khalayak menerima pesan yang dilontarkan padanya kemudian secara perlahan-lahan dirubah pola peikirannya dan sikapnya ke arah yang kita kehendaki. Komunikator memulai komunikasinya dimana khalayak itu berada (start where the audience) kemudian diubah sedikit demi sedikit ke arah tujuan.
Informatif, ditujukan pada penggunaan akal pikiran khalayak, dan dilakukan dalam bentuk pernyataan berupa : keterangan, penerangan, berita dan sebagainya.
Persuasif, mempengaruhi khalayak dengan jalan dibujuk yaitu digugah pikiran dan perasaannya untuk bertindak seperti yang kita harapkan. Hal tersebut ditentukan oleh kecakapan untuk mengsugestikan atau menyarankan sesuatu kepada komunikan (sugestivitas) dan komunikan sendiri diliputi oleh keadaan mudah untuk menerima pengaruh (sugestibilitas). Sugesti dipermudah dengan jalan :
menghambat (inhibition)
memecah belah (dissocation) proses berpikirnya; karena : kelelahan dan perangsang-perangsang emosional.
Edukatif. Mendidik berarti memberikan sesuatu idea kepada khalayak apa sesungguhnya, berdasarkan fakta-fakta, pendapat dan pengalaman yang dapat dipertanggungjawabkan dari segi kebenarannya, dengan disengaja, teratur dan berencana, dengan tujuan mengubah tingkah laku manusia ke arah yang diinginkan.
Kursif, mempengaruhi khalayak dengan jalan memaksa tanpa diberi kesempatan berpikir untuk menerima gagasan-gagasan / idea-idea yang dilontarkan yang biasanya dimanifestasikan dalam bentuk paraturan-peraturan, perintah-perintah, dan intimidasi-intimidasi, dan biasanya dibelakang berdiri kekuatan yang tangguh. 
Read More

Strategi Komuniksi Massa


 
Strategi Komuniksi Massa
Komunikasi massa ditujukan kepada sejumlah besar orang yang heterogen, anonim, dan tersebar melalui media massa. Untuk dapat menetapkan strategi komunikasi yang tepat, diperlukan kegiatan-kegiatan untuk mengenali dengan pasti siapa yang menjadi khalayak sasaran komunikasi massa.
Upaya untuk mengenali khalayak sasaran dengan tepat dapat ditempuh melalui kegiatan analisis khalayak, yang berisi langkah-langkah: pengumpulan fakta, analisis kebutuhan khalayak, dan identifikasi permasalahan yang dihadapi khalayak. Data yang perlu dikumpulkam dari khalayak meliputi data mengenai ciri karakteristik pribadi, baik karakteristik psikologis maupun karakteristik sosiologis; data eksternal yang berupa data lingkungan sekitar baik yang berupa data mengenai lingkungan fisik (geografis) maupun data mengenai lingkungan sosial.
Data yang berhasil dikumpulkan selanjutnya digunakan untuk menganalisis kebutuhan khalayak dan mengidentifikasi permasalahan yang sedang dihadapi yang akan dijadikan patokan bagi kita dalam merumuskan tujuan program komunikasi.
Setelah kondisi khalayak diketahui dengan pasti, langkah selanjutnya adalah pengelolaan khalayak, yakni bagaimana kita harus memperlakukan khalayak dalam kegiatan komunikasi yang kita rencanakan. Pengelolaan khalayak dapat berupa pengelompokan khalayak ke dalam kelompok-kelompok tertentu sesuai dengan kebutuhan dan permasalahan yang dimilikinya. Pengelolaan khalayak berhubungan dengan upaya kita dalam menetapkan strategi komunikasi yang perlu dilakukan.
Strategi Komunikasi Instruktural
Komunikasi instruksional merupakan kegiatan komunikasi dengan sasaran kelompok yang berisi pengajaran tentang sesuatu pengetahuan atau keterampilan tertentu. Prinsip dasar dalam komunikasi instruksional yang berupa pendidikan orang dewasa adalah “belajar sepanjang hayat (lifelong education). Dalam komunikasi instruksional baik yang formal maupun nonformal, tujuan utama yang harus dicapai di dalamnya adalah terjadinya perubahan perilaku pada peserta didik.
Perubahan perilaku yang harus dicapai melalui proses pendidikan mencakup dimensi kognitif, afektif, dan psikomotor. Tujuan-tujuan pendidikan yang dipilih dan diorganisasikan berguna bagi kita dalam upaya (1) menetapkan arah kegiatan, (2) menentukan pengalaman belajar yang harus diberikan, (3) menentukan dasar pijakan untuk melakukan evaluasi, dan (4) mengambil keputusan dan menentukan prediksi. Rumusan tujuan pendidikan bersumber pada: (1) diri peserta didik, (2) keadaan zaman atau masyarakat dan (3) para ahli dan disiplin ilmu.
Taksonomi tujuan pendidikan mencakup: domain kognitif, domain afektif, dan domain psikomotor.
Perumusan tujuan dalam proses pembuatan perencanaan komunikasi instruksional bagi orang dewasa harus berorientasi pada upaya pemenuhan kebutuhan peserta didik.
Evaluasi dalam komunikasi instruksional bagi orang dewasa berguna untuk mengukur tingkat keberhasilan yang dicapai oleh program yang bersangkutan. Evaluasi komunikasi instruksional bagi orang dewasa meliputi: pretest, evaluasi proses, evaluasi hasil (post test) dan evaluasi dampak.
Analisis Konsep-konsep Pesan
  1. Definisi Analisis isi:
    1. Suatu teknik penelitian untuk membuat inferensi-inferensi yang dapat ditiru (replicable) dan sahih data dengan memperhatikan konteksnya (Krippendorf, 1993).
    2. Studi tentang isi dan pesan komunikasi yang dilakukan secara sistematis, objektif, dan kuantitatif (Kerlinger, 1973).
    3. Teknik riset untuk mendeskripsikan tujuan, sistematika, dan deskripsi kuantitatif yang menunjukkan isi komunikasi (Berelson, 1952:18).
  2. Analisis isi mencakup prosedur-prosedur khusus untuk pemrosesan data ilmiah, yaitu:
    1. merumuskan hipotesis;
    2. memilih sampel;
    3. menentukan kategori;
    4. menguraikan proses pengkodean; 
    5. mengimplementasikan proses pengkodean;
    6. menentukan realibilitas dan validitas;
    7. menganalisis hasil-hasil proses pengkodean.
  3. Analisis isi memerlukan suatu kerangka kerja untuk membantu tercapainya tiga tujuan, yaitu preskriptif, analitis, dan metodologis.
  4. Media dibagi dua kategori:
  1. Media umum, misalnya surat, telegraf, fax, e-mail.
  2. Media massa, misalnya surat kabar (pers), radio, televisi, film.
Fungsi pers : 1) menyiarkan informasi, 2) Mendidik, 3) Menghibur, 4) Mempengaruhi.
Fungsi radio : 1) Alat hiburan, 2) Alat penerangan, 3) Alat pendidikan.
Fungsi televisi : 1) Menyebarkan informasi; 2) Mendidik, 3) Menghibur, 4) Mempengaruhi.
Fungsi film : 1) Alat hiburan, 2) Alat penerangan,
Analisis terhadap Aplikasi Perencanaan Komuikasi
Agar pesan yang disampaikan sesuai dengan yang kita harapkan, maka:
  1. pesan harus dirancang dan disampaikan sedemikian rupa;
  2. pesan harus menggunakan lambang-lambang;
  3. pesan harus membangkitkan kebutuhan pribadi komunikan;
  4. pesan harus menyarankan suatu jalan untuk memperoleh kebutuhan tersebut.
Pesan dapat diklasifikan menjadi:
  1. pesan verbal;
  2. pesan nonverbal.
Hasil/dampak dari perencanaan komunikasi mencakup pada:
  1. efektif
    • individual: kognitif, afektif, konatif, behavioral.
    • sosial
  2. efisiensi: dengan mengetahui sasaran komunikan yang akan dituju sehingga dapat menghemat waktu perencanaan dengan mendapatkan hasil yang optimal.
Read More